Proses Kreatif 30 Dongeng Seru Lima Benua

30 Dongeng Seru Lima Benua- Elex Media Komputindo
Ini buku solo ketiga saya yang terbit April 2018. Sudah 1 tahun lebih buku ini menemani anak-anak Indonesia. Penulisnya emang agak keterlaluan baru sekarang bikin proses kreatifnya. Huhuhu maafkan ya, pemirsaah....

Jadi, buku ini merupakan kumpulan 30 cerita dari 30 negara di dunia. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Tebalnya sekitar 154 halaman.

Ide membuat buku ini dari mana?

Waktu itu, Penerbit EMK sedang buka lowongan naskah, saya tertarik dong, ya, buat kirim sampel naskah. Tapi, sayangnya naskah yang saya ajukan kurang cocok, mereka sedang mencari jenis naskah tertentu  salah satunya dongeng-dongeng dunia atau nusantara yang sudah populer.

Saya pun tertarik menulis dongeng-dongeng dunia. Karena saya pikir kalau dongeng nusantara jelas sudah banyak yang menulis. Mulailah riset-riset dan ngumpulin dongeng-dongeng dunia. Saya terpikir membuat dongeng dari lima benua. Tiap benua diambil beberapa negara.

Awalnya, saya hanya menulis dengan konsep dongeng dan hikmah cerita. Tapi, kok biasa banget, ya. Setelah semedi--nggak sampai tujuh purnama sih, kelamaan--akhirnya saya bikin ada halaman info tentang negara-negara asal dongeng tersebut. Nggak sampai di situ, karena zaman-zaman sekolah saya cinta banget sama pelajaran IPS, maka saya sisipkan kuis tentang benua. Saya juga tambahi juga halaman prakarya di setiap akhir cerita. 
contoh kuis benua



Nah, tak disangka sampel yang saya kirim kali ini diacc. Hore, alhamdulillah! Senenga banget rasanya, apalagi EMK kan Gramedia Grup, wiiih gurang banget. Tapi, saat acc bagian halaman prakarya lebih baik dihilangkan. It's okay.

Dari proyek buku inilah, saya akhirnya berkenalan dengan Veronica Winata, ilustrator keren yang membersamai saya di buku GLN 2019. Kapan-kapan saya posting.

Setelah acc, lalu masuk tahap ilustrasi. Wiih ini pengalaman pertama ngawal buku dari nol. Dari diliatin sktesa, ubah ini itu semua dilibatkan, rasanya luar biasa. Kurang lebih sembilan bulan, akhirnya buku ini siap terbit dan menyapa pembaca cilik.
contoh halaman tentang negara
Buku ini juga sempat dijadikan bahan penelitian untuk tugas akhir oleh mahasiwa Universitas Jember, waaah senangnya. Ditambah lagi, tahun ini buku 30 Dongeng Seru Lima Benua sempat ikut ke London Book Fair. Ah, terima kasih Elex Media.

Jadi, buku ini tidak sekedar berisi kumpulan dongeng, tapi juga ada pengetahuannya. Bisa dibaca oleh semua umur. Bukunya juga full color dan ilustrasinya ciamik.

Yuk, Mak dan Ayah, koleksi buku ini buat ananda tercinta. Harganya murce mursidah nggak bikin kantong bolong. Harga di toko 94.800, tapi kalau beli di saya ada diskon khusus untuk emak-emak sayang anak. CUMA 87.000.

Yuk, yuk di pesan. Bisa WA ke 082213860541 atau FB Lapak Buku Anak atau ke shopee.co.id/warungbukuqoe ( kalau pesan di sini ada promo free ongkir juga).

Nah, sekian celoteh mamak Dhifa hari ini. Jangan lupa beli buku mamak Dhifa, yaaaa.....


Luv,


Mamak Dhifa

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Salam hangat.